Thursday 14 May 2015

Malem Rabu-an sama si Bos (dan kesan kerja part time disini)

Jadi beberapa waktu lalu gue sempet dimintain tolong sama si bos buat nerjemahin menu dari bahasa Jepang ke bahasa Inggris.
Ohya, gue bekerja paruh waktu di sebuah restoran nabe di deket rumah dimana resto ini dikelola oleh seorang bos muda yang gaul sekali. Gue ga pernah tau persisnya berapa usia si bos ini, tapi sempet ga sengaja nguping obrolan dia sama seorang tamu:

Tamu: "Mas, usianya berapa?"
si Bos: "berapa hayoooo..."
Tamu: "26 atau 27?"
Tamu: "segituan lah ehe ehe ehe."

Naon lah bos.
bukan bukan, bos gue bukan yang lagi ngacungin jempol. Sebelahnya.
Meski si bos ini galak pisun, tapi kalo lagi dateng baik hati dan iseng, bener-bener baik sekali. Yang paling ga tahannya itu, si Bos itu suka nggombalin karyawan-karyawan ceweknya, termasuk gue yang ngga pernah luput dari gombalan mautnya itu.

"Cil."
"Iyah, Tencho." (sebutan manager restoran/bos disini adalah Tencho)
"Kok makin cakep aja."
"Ah si Tencho bisa ajah."
"Saya serius."
"Naik gaji dong, Tencho."
"Sana cuci piring!"
Tetep aja ye Jepang mah dimana-mana merki... *ngupil*

Si Bos ini menghabiskan hampir seluruh hidupnya berada di restoran mungil yang ternyata banyak pelanggannya ini Sebelumnya, si Bos yang asalnya dari Kochi ini ternyata lama tinggal di Osaka dan kemudian pindah ke Kochi tapi tetap meninggalkan aksen Kansai-nya yang kental banget. Apalagi, restoran ini pun ngga ada liburnya dan tiap hari buka :( pemasukannya sih pastinya guede banget, tapi kalo nginget gitu asli, ini seperti romusha di kalangan Jepang sendiri :( kan kasian :( saking seringnya si Bos disini, gue sampe berpikir mungkin ini adalah rumah kedua doi. Kenapa demikian? Karena gue suka liat dia sikat gigi, cuci muka, bahkan keramas disana. Iya, gue belon liat dia mandi aja di salah satu toilet sana. Jangan-jangan di sela-sela waktu luang dia sempet luluran juga lagi (?).

Sebelumnya gue sempet kerja di sebuah restoran malem juga yang lumayan gede dan lebih susah aturannya. Meski mayoritas karyawan dan tencho-nya cewek, gue sempet slek sama salah satu karyawan yang lebih tua disana yang menyebabkan gue pun angkat kaki dari sana (jujur, lu bakal males banget urusan sama mbak-mbak jomblo yang demennya cari-cari kesalahan orang mulu). Meski demikian, pindah ke restoran nabe yang baru ini juga ngga segampang yang dipikirkan. Buat menuju ke step berikutnya aja susah banget, apalagi basa-basi ke tamu itu susyaaaah sekali.

Jujur, gue adalah orang yang kalo udah bete biasanya suka langsung keliatan. Biasanya juga, gue adalah karyawan yang paling sering kena semprot gara-gara susah senyum ke tamu (apalagi kalo gue habis menjalani rough day yang bawaannya bikin gue sewot mulu). Gue emang ga bisa jadi artis :( gagal ekting mulu :( meski begitu, tempatnya emang seru banget sih. apalagi kelakuan karyawan lainnya juga suka menghibur dikala sendu begitu :))

Ohya, gue udah hampir 5 bulan kerja di resto ini. Belon lama sih emang. Dan sudah sedekat itu hubungan gue dengan orang-orang disana termasuk si Bos. Karena tahu gue bukan orang Jepang, si Bos meminta gue buat minta terjemahin menu dan berjanji bakal tambahin bayaran gue di bulan depan hyahyahya. Segalanya diawali dengan hari Selasa yang lagi hujan-hujannya karena angin typhoon sedang melanda pulau Shikoku pagi itu, si bos nge-line dan nanyain apa gue ada waktu malem entar.
Setelah janjian di sebuah tempat, si Bos menjemput gue dengan mobil BMW putih-nya itu. Jujur aja, gue terpana banget kalo liat mobilnya dia itu. Keren... Pas masuk aja, gue bisa lihat si bos ini pandai merawat si mobil. Karena jujur, mobilnya ngga sedekil dia (ampun bos jangan potong gaji). Kacanya mengkilap, dashboard atau kacanya juga kinclong ngga ada debu sedikitpun. Kurang pewangi aja sih... (emang sensitip sama wangi-wangian. Tidak berkamsut bilang si Bos bau, tidak sama sekali).

Singkat cerita, typhoon udah agak reda sekitar jam 7an, tapi hujan agak deras masih meliputi beberapa daerah di Kochi.
Ketika gue selesai menerjemahkan beberapa menu (dibantu dengan kamus elektronik, kamus henpon dan kamus hidup: Alistair, temen orang Inggris HUAHUEAHUEHAU), masih minum sisa kopi setarbaknya, si Bos berkata: "Cil, mau makan ga?"
"Makan dimana, bos?"
"Mau makan apa?"
Jawaban klasik cewek di seluruh dunia: "Terserah."


Akhirnya kita dibawa ke sebuah restoran yang juga menyediakan hidangan nabe, yang usut-punya usut:

"Btw Cil, ini restoran rival kita lho."
"Hah?"
"Serius. Coba deh cek menunya."

Oke. Dari konsep aja udah sama, beberapa nama di menunya juga ternyata hampir mirip-mirip semua. Kampret amat, batin gue. Pas dateng salah satu staffnya,

"Mas... bukannya Tencho resto anu ya..."
"Ehe. Iya. Ehe."

Gue pun cuma bisa membatin lagi: "OKAY. THE AWKWARDNESS IS STRONG IN THIS ONE."

Karena gini loh ya...
Kita berdua ini dari resto nabe rivalnya resto nyang ini. Dia bos gue, dan gue karyawan dia. Kemudian kita dateng berdua. Bajunya juga nyantai (ga juga sih, gue dandan dikit biar agak cakep). Dateng kesini pake mobil di anterin, mobilnya bagus juga. Dan si staff tadi ternyata pernah dateng ke restoran kita juga.

Ga bermaksud geer tapi, gue wondering apa ya yang ada di isi kepala si mas itu...........

Udah gitu, ternyata gue di traktir pulak. Huakhuak.

"Bos, berapa ini saya nyumbangnya..."
"Ga usah."
"Berapa atuh ah, bilang..."
"Ga usah."
"Tiga yen deh tiga yen saya nyum.."
"Ga usah!"
*melipir*

Masalahnya, semakin banyak gue ditraktir macem-macem, gue kehabisan kata-kata buat ngomong makasih sama si Bos. Mungkin dengan harapan terselubung, biar gue ga cemberut lagi tiap kerja kali ye ehe.

Pas di dalem mobil, si Bos masih belum menyalakan mesin. Dia bersandar, menatap keluar, yang gelap dan hanya diterangi lampu parkiran dan bulan. Dan lampu restoran.

"Cil."
"Eh... iya, Bos?"
"Ini kamu pulang kemaleman ga apa-apa?"
"Ga apa-apa kok, Bos."
"Bener?"
"Iya, bener."
"Gini lho, ada film yang mau saya tonton banget ini. Cuma mulainya jam setengah 10, kelar jam 12an lebih. Mau temenin saya nonton?"
THE AWKWARDNESS IS VERY VERY STRONG IN THIS ONE.Ayo, Cil, think fast.. think fast..
"Film apa, Bos?"
"Fast and Furious 7. Saya kan seneng banget sama mobil, kata temen itu film bagus banget."
Nahloh...Gue seumur idup gapernah nonton FF, ga gitu demen, tapi ini si Bos yang ngajakin terus kalopun balik dan nganter gue pulang, pasti doi mager banget bolak-baliknya... Tapi eh gimana ini... ga lucu amat si Bos mangkir kerjaan tengah-tengah, yang tadinya cuma buat ngerjain terjemahan sama gue terus ujung-ujungnya malah nonton bareng... semoga ndak nyebar kemana-mana.......
"Oh boleh atuh." kata gue.
"Bener?"
"iya, bener."
"Aseeeeek."
Habis ini gue nuntut naek gaji ah sebagai uang tutup mulut (?).

Meski demikian, gue dan si Bos masih berusaha njaga jarak setiap kita jalan keluar. Somehow we did it--ga ada sentuhan fisik sama sekali (oke obrolannya agak berat disini ehe). Sambil nunggu filmnya, habis dibeliin tiket sama si bos kita sempet mampir ke toko buku, toko suvenir yang jualan barang aneh-aneh, dan ke game center maen ufo catcher itu (si bos ampe mecahin 1000 yen-nya demi dapetin jam tangan conan yang gue pengenin tapi gagal maning son huahuahua).

sekedar tjurhat:gue sendiri sebenernya ga pernah masalah sih di ajak jalan kemana-mana. Atau sambil nunggu di sebuah tempat nemenin orang. Beneran, gue ga rewel orangnya.

Akhirnya film pun segera dimulai. Setelah sibuk mencari tempat duduk, akhirnya meski gelap-gelapan, kita sukses duduk manis sampe acara selesai. Gue perhatikan, si Bos kayaknya hampir ngga ada ekspresi sama sekali sepanjang nonton. Padahal mah gue udah sesekali tutup muka pake jaket, ngakak-ngakak di adegan lucu, atau bahkan mewek pas adegan terakhir yang dimulai dengan lagu: "It's been a looooong day without you my friend~~~"

Sampe akhir, si Bos ga banyak ngomong. Bahkan ga gerak sama sekali. Gue watir aja jangan-jangan dia molor...

Dan eniwei, gue juga baru ngeh kalo si Bos memilih kursi gue di tengah-tengah. Which is my favourite position ever every time I watched movie. Dia adalah cowok pertama yang dengan sense-nya ngasih gue tempat ditengah-tengah sedangkan dia ada di sebelah kanan gue--ga gitu tengah.
Kalo inget moment itu suka bikini gue senyam senyum.


Setelah itu, si Bos pun nganter gue pulang.
Gue agak-agak panik soalnya kecepatan si Bos dalam nyetir nambah. Gue ngerinya entar tiba-tiba nongol mobil-mobil kece lainnya ikut balapan dari belakang terus ada serangan Ultron dari udara ditambah the Rock jatoh dari langit (lha ini kok malah makin ngawur).

Jadi...
Keep calm and work harder.

1 comment:

  1. Gue kira bos nye udah tua @__@ ternyata masih muda , keren juga masih muda udah ngurus restoran se-romusha itu

    ReplyDelete