Monday 3 August 2015

Perdana di opname di Jepang

Hai hai!
Sebelumnya, terima kasih buat yang setia baca :3 Siapapun Anda :3 (tunjukkan dirimu dong :( lewat comment kek, twitter kek huhu... kan aku mau tahuuuu.. ga mau tempeee...)

Gue kali ini mau ngeblog pengalaman lainnya yang mungkin belum pernah ditulis orang lain (sotoy dot kom). Tepat pada akhir bulan Juni lalu, gue jatuh sakit dan mengharuskan gue dilarikan ke rumah sakit hewan terdekat.
Iya, itu emang aneh banget secara gue selama ini banter-banter kalo sakit yang berat-berat cuma bersin-bersin aja gara-gara nyium merica (lagi ngapain sih merica diciumin) atau ya paling sariawan yang bikin gue ga napsu makan :( Tapi emang kalau yang di Atas berkata lain, gue masih bersyukur cuma di 'disentil' doang ngga disuruh menghadap *jangan dong jangan... jangan...*

Semua bermula di suatu pagi di hari Rabu.

Ketika gue bangun tidur, dan tiba-tiba gue diserang rasa sakit yang ga tertahankan di bagian perut. Gue sempet intip jam, dan itu masih jam 8 pagi (dan sempet meruntuk lagi-lagi bablas solat Subuh gyaaahh). Gue ga bisa menuliskan rasa sakitnya kayak apa, pokoknya syaiton banget lah. Bahkan saking parahnya lagi, gue sampe ngga bisa bergerak dan tetep tiduran di futon, ga bisa ngapa-ngapain selain tereak-tereak dan gegulingan, dan menggelinjang (?) kayak ulet keket.

Gue coba minum, ga ngefek. Gue telentang, juga salah. Akhirnya gue ngehubungin temen deket gue, dan emak gue.
Di antara dua ini, ternyata temen deket gue yang paling cepet bales line gue (emak gue jarang buka hp. Hooh.) Temen deket gue ini bernama Ruri, dan nanti kapan-kapan akan dibahas anak ini kayak apa dan gimana sih :3

Berikut percakapan kita berdua:

Gue: "Ruri..."
Ruri: "Kenapa?"
Gue: "Sakit peyud."
Ruri: "Lha. Lagi dapet?"
Gue: "Ngga. Udah 40 menit nih ga ilang-ilang... kenapa ya..."
Ruri: "EEEEEEE... TELPON AMBULAN SANA."
Gue: "... gamau ah."
Ruri: "LHA KENAPA."
Gue: "Kan malu-maluin kalo ditanya, sakit perut aja moso ke rumah sakit sih."
Ruri: "Jangan anggep sepele. Daripada kenapa-kenapa."
Gue: "Kan berisik ke tetangga..."
Ruri: "Yaaa gapapa lah sesekali bikin ribut daripada ente ribut sendirian disono. Buru sana telpon ambulan! Apa mau gue anter? Tapi rumah gue kan jauh..."
Gue: "OKE."
Ruri: "Bilang aja, 'もう40分ほどお腹が痛んです。どうすればいいですか?' (mō 40pun hodo onaka ga itain desu. Dou sureba ii desuka?) gitu."
Gue: "Gue akan berusaha."

Setelah komat kamit dan latihan ngomong karena gue saking paniknya biasanya suka lupa, terus mengumpulkan keberanian buat nelpon pihak ambulan--atau pihak apapun yang punya ambulan, dan siap menjelaskan kondisi gue.
Kemudian belum sampe ngobrol aja, gue udah dongkol. Karena Ruri ngasih nomor ambulan yang... salah.

Ruri: "Gomen, yang bener 119 ehe ehe."



Ngga sampe 2 detik, telepon langsung tersambung dengan seseorang.

Mas-mas: “Unit gawat darurat, ada yang bisa kami bantu?” 
Gue: “Halo? Saya sakit perut udah hampir 1 jam belum sembuh juga. Saya musti gimana?” 
Mas-mas: “…”TUH KAN. 
Mas-mas: “Jadi mbak sakit perut udah 1 jam dan belum hilang sakitnya?” dia mengulang. 
Gue: “Betul, Mas.” 
Mas-mas: “Ada kemungkinan mbak hamil?” 
Gue: “…Engga, Mas…” 
Mas-mas: “Lagi dapet?” 
Gue: “Ngga juga, Mas.” 
Mas-Mas: “Saya sudah kirim tim medis ke tempat mbak ya. Kurang dari 3 menit akan sampai.” 
Gue: “Oke.” 
Mas-mas: “Sebagai jaga-jaga, boleh saya minta informasi Mbak?” 
Gue: (gue mengeja pake bahasa Jepang) “Nama saya Purishiria Maharani ya, Mas.” 
Mas-mas: “Burishiria?” 
Gue: ‘Pu-ri-shi-ri-a, Mas.” 
Mas-mas: “Burisha?”Gue: “PU PU, PA PI PU PE PO-NYA PU.” 
Mas-mas: “Baik, mbak Burishia, tunggu ambulannya ya. Jangan lupa dibuka kunci pintu rumahnya."

sekarepmu lah
Gue: "Oke, Mas."

Gue pun merangkak bagaikan spiderman yang lututnya lemes menuju pintu dan membuka kunci pintu rumah gue--dimana ternyata ngga dikunci dari semalem AAGEHAJRHAEKLHAKAHJE.


Dan ternyata bener. Suara ngiung-ngiung dari kejauhan udah kedengeran. Gue makin meringkuk di pojokan. Sang ambulan menjemput saya.
Dan datanglah 3 om-om Jepang berbadan besar yang masuk ke rumah gue. Mereka dari pasukan medis pemadam kebakaran ternyata.

Om-Om 1: "Halo, Mbak. Jadi udah satu jam lebih sakit perut? Masih sakit sekarang?"
Gue: "Iya, Pak."
Om-Om 2: Ada kemungkinan hamil?"
Gue: "Engga, Pak......"
Om-Om 1: "Sembelit?"
Gue: "Engga juga, Pak....."
Om-Om 3: "Kita langsung rujuk ke rumah sakit terdekat aja ya, Mbak. Bisa tahan sampe sana kan?"
Gue manggut.
Om-Om 1: "Kita gotong sampe bawah ya."

Dipadu tenaga ketiga om-om itu, gue pun berhasil dipindahkan ke dalem ambulan setelah mereka bersatu bergotong-royong membawa gue dari lantai 3. Dan tangga apartemen gue pun cukup curam, sebenarnya. Gue bener-bener tengsin, karena selain gue keluar dengan kondisi muka bantal (bahkan mungkin ileran), rambut acak-acakan, dan gue agak takut kalo ada tetangga yang liat. Di antara puluhan rumah disekitar situ, ternyata cuma ada satu kakek aja yang rumahnya persis di sambil parkiran sepeda gue yang berdiri sambil ngeliat gue dengan tatapan tajam.

Ya Salam, Pak, saya ngga bermaksud ngebangunin gara-gara manggil ambulan, Pak...

Singkat cerita, gue pun sampai di UGD di Rumah Sakit terdekat di deket kampus dan langsung disambut dua suster Jepang yang ga sabaran masukin infus ke pergelangan tangan gue (bahkan itu aja si Suster sempet salah masukin... Mungkin pembuluh darah gue kekecilan.. jadilah lengan gue bolong-bolong...). Selain si suster, Dokter bagian UGD pun langsung menanyai kondisi gue buat di diagnosa. Dia cowok, muda, dan mungkin sedikit agak kebanyakan baca buku jadinya culun.

Dokter: "Sudah 60 menit sakit sejak bangun tidur? Sekarang juga masih nyeri?"
Gue: "Masih, Dok."
Dokter: "Ngga ada kemungkinan hamil?"
gusti...
Gue: "Engga, Dok."
Dokter: "Kita langsung CT Scan aja ya."

Lagi-lagi singkat cerita setelah mengalami 2 CT Scan dan cek darah, ternyata prediksi si Dokter yang awalnya menyangka mungkin gue kena iritasi lambung ternyata salah. Ternyata yang menyebabkan gue kelojotan pagi-pagi adalah tuba fallopian gue yang sebelah kanan disinyalir membengkak, atau kemungkinan terlilit. Dari situ, gue pun dirujuk ke ginekolog dan gue musti kemana-mana dikawal si suster dengan infus yang menggantung dan duduk di kursi roda. Sepanjang itupun, Ruri terus mengabari gue dan tetep apdet sama kondisi gue.
Setelah di cek bagian 'dalam' gue, Ginekolog yang menangani gue pun menyarankan gue buat MRI, sekalian dikasih obat peredam rasa sakit dari dalam disana, biar gue ga nyeri terus-terusan. Si Ginekolog adalah dokter perempuan, yang memiliki perawakan kecil dan suara yang lembut, dan di hp-nya ada gantungan berbentuk rahim. Udah jelas kalo dia bukan dokter mata.
Dan hasil dari MRI memberikan gue 3 jawaban:

1. Tuba fallopian gue yang sebelah kanan membengkak dan ada kemungkinan terlilit
2. Harus di operasi keesokan harinya
3. Gue musti di opname


Gue kembali diliputi rasa panik. Karena gue sendirian--ga ada relatif disini, keluarga gue di Indonesia semua, terlebih... GUE ENTAR BAYAR PAKE APAAAAA?????? Haruskah setelah gue keluar dari RS ngelamar jadi OB biar biaya gue tertutup?!?! GUE MUSTI BAGAIMANAAAAA.....

Padahal semalem gue masih hahah-hihih di restoran bareng temen-temen gue, makan malem. Gue sempet curiga tadinya, apa jangan-jangan gue makan ikan yang disono terus langsung sakit perut... ternyata emang murni daerah sekitar rahim gue yang bermasalah. Well tapi, gue bersyukur gue dapet asuransi disini which gue bisa sedikit tenang karena ga akan mahal nantinya (yaaa semurah-murahnya juga...)

Sebagai antisipasi dimana gue mungkin kurang paham sama bahasa kedokterannya Jepang, gue pun berkonsultasi dengan temen gue seorang dokter yang gue kenal beberapa tahun lalu pas gue di Jakarta. Si Dokter ini pun sempet memberikan gue wejangan seputar opname, operasi, bius, dan bahasa susah lainnya. Salah satunya adalah peringatan dimana:

"Kamu ngga boleh makan lho menjelang operasi."

Gusti...
Gue tumbangnya tadi pagi. Boro-boro makan... dan sampai setelah operasi, adalah moment dimana gue puasa terlama dan terpanjang selama seumur hidup. 48 jam bo gue ga makan ga minum, cuma ngandelin infus aja huahuahua.

maap tulisannya tebalik. Tapi itu berarti, gue disuruh puasa.
Gue pun langsung ngabarin ke dosen dan beberapa teman terdekat terutama ke keluarga gue. Kontan, semua pada panik (terutama nyokap gue yang baru baca seluruh line gue jam 6 sore-an. Yaiyalah panik anaknya ada di negri orang tiba-tiba masuk RS terus hasil diagnosanya nyeremin pula). Gue pun ngasih tahu Ruri kalo gue ga bisa ikut matkul hari ini. Dan ajaibnya, Ruri--dimana dia emang sohib paling deket sama gue, ikutan bolos cuma buat nemuin gue dan ngambil beberapa barang gue.

Dan selama 3 hari, gue harus berhadapan dengan banyak kabel yang malang melintang di lengan, dada, kaki...

Pada akhirnya, gue pun menjalani operasi di hari berikutnya. Dimana gue udah berganti baju dan menanggalkan pakaian dalam gue (uhuy?) dan ditemani si suster, gue pun masuk ke ruang operasi. Sepanjang jalan, gue udah berfantasi seakan-akan gue ini berada di suasana film Shutter Island dan mungkin di ujung lorong berikutnya, ada dokter yang menunggu gue dengan pakaian compang-camping sambil bawa-bawa gergaji. Gue gapernah se-parno ini selama hidup. Sebelum dilakukan tindakan, si Ginekolog, dan beberapa dokter muda yang akan ikut menangani gue selama operasi dan gue melakukan meeting kecil, sambil menjelaskan situasi dan program operasi. Termasuk dikasih tahu gue akan di bius total dan dikasih tau juga nama obat biusnya.

Gue: "Saya ada pertanyaan, Dok."
Dokter: "Silahkan."
Gue: "Kalo tengah operasi saya kebangun gimana..."

Si Dokter ngakak nyembur.

Dokter: "Ngga kok, kamu ga akan bangun. Obat biusnya bakal bekerja dan dijamin kamu ga akan merasa apa-apa."
Gue: "...oke..."

Selain parno, gue sendiri sempet malu karena pas masuk ruang operasi, gue liat ada 4 dokter--tiga cewek dan satu cowok (NGAPAIN KOK ADA COWOK). Setelah masing-masing memperkenalkan diri, gue mulai di tempatkan di atas kasur operasi. Dimana gue merasa sangat, sangat tidak nyaman. Mungkin para dokter muda itu pun tau kalo gue grogi, dan gue sangat ketakutan buat ngejalanin operasi ini (yaiyalah masa iya ada orang mau operasi nyanyi-nyanyi sambil bawa aipot? Eh apa jangan-jangan ada...).
Seorang dokter muda yang berperawakan agak chubby menghampiri gue, memperkenalkan diri dan minta ijin buat ngebuka kimono gue. "Maaf ya, Mbak, kimono-nya kita lepas." katanya sambil tetap menahan satu handuk buat menutupi badan gue yang dikupas ini. Pikiran gue tetep ke satu dokter muda cowok yang entah ngapain di pojokan, dan berdoa semoga dia udah kebal sama pasien-pasien telanjang selama di operasi. jdglakHSKJHKASHJJks...
Satu dokter muda ahli anestesi yang ngakunya namanya Komatsu (gue sendiri lupa nama aslinya) memperlihatkan satu tabung kecil yang bakal dimasukin ke infus gue nantinya.
Gue ngeliat, tetesan infus gue dipercepat dan gue ga berhenti zikir. Kadang, orang kalo udah grogi kan bakal susah tidur. Dan ini yang bikin gue panik sekali.

"Mbak Puri, kita mulai operasinya ya."
"Saya ngga disuruh ngitung domba dulu, Dok?"
Si Dokter muda itu ngakak nyembur.
"Ngga usah. Kamu tarik napas aja ya."

Gue melek selebar-lebarnya. Merhatiin lampu besar yang tepat nyorot muka gue.
Anestesi pun di injek ke dalem infus gue.
Para dokter muda pun ikutan tegang. Salah satunya masih memonitor detak jantung gue.
Ternyata, mau sepanik apapun orang, se-grogi apapun orang, kalo dibius total, ga sampe 5 detik pun pingsan.
Pandangan gue pun seketika dari burem, langsung jadi gelap.


***

Gue lupa persisnya kapan gue mulai sadar, tapi semua diawali dengan tepukan kecil di pipi gue.
Dan seketika gue menjerit.

Ga usah dibayangin, tapi gue cuma mau kasih tau, setelah efek biusnya hilang, sakitnya tiba-tiba keroyokan kayak ibu-ibu memburu tas sale di tengah malam.
Gue ga berhenti teriak-teriak nyalahin si Dokter sambil mukul-mukulin suster terdekat. Badan gue ga bisa di kontrol, termasuk bibir gue. Yang lucunya, gue meringis, tereak-tereak, pake bahasa Jepang. gatau musti bangga atau merasa... aneh :|

"DOKTER, SAKIT. DOKTER... SAKIT, DOKTER."
Dan di ulang-ulang bagaikan kaset butut.

Sampai 30 menit kedepan setelah gue agak tenang, gue ternyata mengganti kalimat dokter dengan nama seseorang.
((( Insert mellow song here )))
Seseorang yang, gue rasa adalah salah satu penyebab gue jatuh sakit. Penyebab gue stres dan ga bisa nahan lagi sampai akhirnya gue malah nyakitin diri sendiri. Dan orang itu, lebih jahat daripada Fir'aun.

「ひろし、痛いんです…ひろし、痛いんです…」

Tapi gimana dong, aku cinta sih :( (?) Kebetulan, kejadian ini terjadi 3 hari setelah gue berkunjung dari rumahnya di Tokyo yang dimana itu merupakan hari terakhir kita bertemu dan tragis sekali perpisahannya. Alias, terjadi perang antara Indonesia dan Jepang lagi di ruangan kecil ukuran kandang ayam itu.

Udahan ah mellownya. Mengenai siapa sosok ini, nanti akan gue bahas di seksi lainnya :3 Iya, banyak banget yang mau gue bahas tapi satu-satu yaaa *kedip-kedip*

Berita baiknya, di hari ke 3, gue udah dibolehin makan!
Jadi gue ga perlu sirik lagi sama tamu depan yang tiap hari dapet makan 3 kali sehari dan aromanya yang menggoda iman. Well meski makanan rumah sakit itu stereotype-nya ngga enak, gue sih jujur aja, ga nolak sama makanan rumah sakit di Jepang. Kapan lagi gue bisa makan nasi pulen sama miso soup tiap hari? HUHUHEAUHAUEHUAE.

Pasca operasi dan saat masih pemulihan, banyak teman-teman dan dosen yang datang menjenguk. Mereka pun menghujani gue dengan roti, pudding, snack-snack yang memenuhi kulkas gue sepulang dari RS. Ada yang ngasih bunga juga. Ada yang ngasih PR juga. Alhamdulillah ga ada yang ngasih gue menyan.
Meski agak membosankan, setidaknya selama gue di RS, gue merasa tenang dan sejenak bisa melupakan hal-hal yang tidak diinginkan selama dirawat. Meskipun tengah mengalami hal pahit, ternyata banyaknya kebahagiaan yang dibawa teman-teman dan junior-junior gue selama pada ngejenguk ga sebanding dengan duka yang masih membekas di hati gue (ini apa sih).
Operasi gue sukses, meski gue mendapat kejutan lainnya.

Doker: "Tuba fallopian kamu yang sebelah kanan ternyata udah pecah. Itu yang bikin kamu kesakitan pagi itu. Untung kamu segera kesini, kalo ngga ditangani, itu berbahaya banget."
Gue: "Saya masih bisa hamil kan dok?" (ini adalah pertanyaan berat yang menyangkut harga diri sebagai wanita. Halah)
Dokter: "Masih kok. Kita udah remove yang pecahnya. Sebelah kiri kamu, pun ternyata ikutan bengkak, tapi selama operasi udah berhasil kita 'kempesin'. Kamu masih bisa punya anak di masa depan."

Intinya adalah, gue kena kista. Ga enak banget, emang.

Selepas gue dari rumah sakit seminggu kemudian, gue udah diperbolehkan pulang dengan syarat gue masih tetep harus bed rest selama seminggu. Bahkan nyokap gue menyarankan gue harus bisa istirahat total selama kurang lebih 1-2 bulan. Tapi karena bulan Agustus itu gue ada UAS, jujur aja gue gabisa diem dan tetep pengen ngampus demi ga ketinggalan matkul. Sampe gue dimarahin sama satu temen gue yang bersedia nginep di rumah gue buat masak-masakin atau belanja buat gue.

"KAGA BOLE. DIEM AJA DIRUMAH NAPE. MAU LU MASUK RS LAGI?"
"Tapi kan..."
"DENGER KATA DOKTERNYA KAN? Setidaknya denger kata emak lu kan? Udah sana tidur lagi!!"


Ternyata jadi orang sakit itu ga enak ye. Bahkan si Dokter kenalan gue yang di Jakarta pun sempet nge-line gue:

"Gimana rasanya jadi pasien? Enak?"

menurut ngana


Jadi intinya, guys, jaga kesehatan ya.
Ga enak kalo sakit. Apalagi kalo sampe melibatkan dokter dan antek-anteknya. Apalagi kalo jauh dari keluarga. Susah jenguknya :(

So far, kondisi gue udah berangsur membaik :) Gue udah bisa ngampus lagi dan naik sepeda lagi walau gue musti cuti part time sampe 2 bulan karena luka gue masih suka nyeri. meski ternyata dapet kabar kalo ada pembengkakan lagi di tuba fallopian sebelah kiri, semoga aja ini ga berlangsung lama.

Selamat menikmati hari Senin!

0 comments:

Post a Comment