Friday 23 October 2015

YOSAKOI! (Post telat banget)

Halo gaes!


Gue sebenernya pengen ngepost dari bulan Agustus lalu. Giliran udah niat poto-poto buat di postnya, eh orangnya yang ga niat ngetik... maap maap..

Oke sip.
Jadi apa kabar semuanya?
Bagaimana liburan musim panasnyah?
Dan bagaimana rasanya jadi mahasiswa semester 8 yang hobinya dikejer-kejer skripsi?
Dan bagaimana rasanya digantungi tanpa kepastian? *lha yang terakhir curhat*

sungguh kombinasi yang membuat seseorang ingin menggorok leher ayam ya...


YOSAKOI


Jadi bulan Agustus lalu, gue 'lumayan' menikmati musim panas gue disela-sela sibuknya nyari-nyari pekerjaan. Emang dasar pembawaannya nyantai (atau pasrah karena susah bener dapetnya) akhirnya gue memutuskan yaaa.. bersenang-senang dahulu deh...
Salah satu yang pengen gue bahas dari bulan Agustus adalah festival Yosakoi, yang terkenal di Kochi!
Oke secara singkat gue akan jelaskan, Yosakoi adalah tarian yang dilakukan oleh gerombolan besar dan khasnya biasanya pakai 'Narako' (eh bener ga sih spellnya...) yang alat kecil kalo digoyang2in ada suaranya dan terbuat dari kayu. Boleh diikuti dari kaum muda-mudi sampai tua sekalipun (selama bisa enerjik jogednya). Lebih lanjut, bisa tanya mbah Wiki atau mbah Gugel.

Kebetulan karena ini tahun terakhir gue juga di Kochi, maka gue pun tidak segan-segan memanfaatkan moment terakhir ini dengan moto-moto pake kamera yang serius.
Langsung saja cek, Gan!

mbaknya cakep ya


Selain tarian ini terkenal heboh karena musiknya juga kenceng dan dimaenin pake ampli segede gaban yang ditaro di truk yang jadi 'pemimpin' para penari, baju-baju dan atribut para penarinya juga seru-seru. Dari yang baju adat Jepang sejenis kimono/hakama, sampe baju-baju cheerleader bahkan... Stormtrooper.

Tuh kan ga boong gue...

Mari cek lagi beberapa hasil jepretan gue!


Mas, ketawanya jangan lebar-lebar, matanya ilang itu.

Grup Yosakoi ini tidak bekerjasama dengan AKB atau lainnya.

Mungkin judul tarian ini adalah 'Tarian Penagih Hutang'

Duh mbak'e perutnya diapain sih bisa serata itu :(

Di antara semua ciamiknya kakak-kakak dan dedek-dedek yang nari-nari dengan semangat, tibalah gerombolan anak-anak kecil yang... duuuuhhhh gemesin semua jadi pengen cepet bikin anak :') (apasih)

JREEEENG. truk yang berisi ampli dan spiker kuenceng yang isinya anak-anak ngeband :))

Ngeliat si anak-anak itu ngelenggak-lenggok di jalanan itu hiburan banget. Biasanya suka gemes aja liat anak-anak ini kadang-kadang kalo nari suka ngga sesuai irama alias seenaknya aja. Biasanya yang heboh juga emak-emaknya yang nari di belakang mereka, atau si instruktur penarinya yang lari-lari buat benerin posisi si anak biar ga keluar barisan.


Dek, kamu aku adopsi boleh nggak?
"Cool mode on."
"Bitch, I'm fabulous."
*Foto anak laki-laki terakhir menandakan bahwa dia bisa jadi calon cowok ganteng pujaan wanita di masa depan. Tetapi gue punya kartu anak ini bahwa meski dia jadi tampan, dia pernah jelek dan seculun ini.


Sebenarnya juga pada tarian Yosakoi tahun ini, gue udah daftar pengen ikutan. Tapi tepat setelah gue daftar dan mengirimkan data diri, ternyata gue malah sakit dan kudu di opname dan kondisi gue ngga memungkinkan buat ikutan joged-joged ekstrim di festival ini :( akhirnya, duo temen cantik-cantik tapi sedeng Fumika dan Emi menjadi perwakilan gue buat nari disana dan gue pun bertugas jadi fotografer dadakan.

Ini si Fumika! Yang tengah.

Dan ini si Emi (yang di tengah juga)
Melihat para anak-anak ini nari dengan gemulai di jalanan besar itu, bikin gue terharu. Yaa haru juga, sedih juga soalnya gabisa ikutaaaan :((( gue tau nari Yosakoi bisa dimana aja di daerah Jepang tapi asa kurang orijinal kalo ndak nari di tempat asalnya. Ah kenapaaaaa.

Grup-grup Yosakoi ini juga ngga cuma dari kalangan mahasiswa, tapi beberapa perkantoran, perusahaan, perbankan, bahkan sampai Spiderman yang nampaknya butuh body-lift ini pun boleh ikutan.

"I am Spiderman and deal with it."
Dan festival Yosakoi ini berlangsung dari pagi sampe malem. Biasanya sih mereka bakal muter-muter daerah jalan raya besar terus bakal nari ngulang-ngulang sampe bosen. gue bersyukur banget saat ini pas Yosakoinya pas lagi cerah. Beberapa tahun lalu pas gue nonton juga, Yosakoi-nya berlangsung pas Kochi lagi dilanda hujan. Tapi para penari ini sudah dilatih buat tahan cuaca (kayak genteng aja...). Jadi mau ujan sekalipun, mereka tetep harus nari. Pokoknya nari sampai mati!!! (?)


ini dia wujud belakang truknya. lampu sorotnya juga bejejer banyak dan ada penyanyi dan penarinya juga di atas truk.

Mas-mas yang ditengah pasti jelmaan Goku.

Tarian Kibas Debu Pakai Selendang!

Mbak, sudah melumpuhkan berapa pria dengan senyumannya, Mbak?

Ohya, gue lupa menambahkan bahwa si Stormtrooper di foto sebelumnya itu punya dayang-dayang. Seksi banget lagi.

Damnit, Playboy Bunny!!!!!!!
Terus belakangan gue baru sadar ternyata gerombolan Yosakoi featuring Stormtrooper itu ternyata perwakilan dari kampus gue...

*ya Allah... kurang hina apalagi.......*

Berlanjut ke sesi malem yang lumayan seru juga diliatnya karena ternyata kostum-kostumnya juga seru-seru.


(foto atas & bawah) GO GO MIYABI GROUP!!! (iya, itu kanjinya Miyabi... 雅)

cilukk....

...baa.

Ini seperti pose kuda-kuda ingin mengusir setan.

Mbak'e nari-nya sambil pake kelambu biar ga dinyamukin ya mentang-mentang udah malem.

Si Mbak yang di depan itu rambutnya dipasangin lampu-lampu gitu.

Bisa dikatakan, gue sangat menikmati sekali festival Yosakoi seharian ini :3
karena seru banget meski gabisa ikutan, tapi gue kecipratan hebohnya juga lah. Sampe sini dulu postingan soal festival Yosakoinya :3 nanti gue akan coba post-post lainnya yang lebih apdet lagi ehe.

Lop and Pis!

0 comments:

Post a Comment